Definisi Yang Disetujui Untuk Seni Dan Klasifikasinya

Category: Seni Dan Hiburan Comments: No comments

Seni adalah bidang studi yang sangat luas. Secara umum, seni didefinisikan sebagai alat ekspresi diri. Tidak hanya ada satu definisi yang diterima secara luas untuk Seni. Seni cocok untuk beberapa definisi. Beberapa definisi ini adalah:

• Ini adalah sarana untuk mengekspresikan ide seseorang melalui melukis, menggambar, memahat dll.
• Ini adalah aktivitas di mana seseorang memberi perintah dan bentuk pada ide-ide yang terorganisir untuk mengeluarkan ciptaan baru.
• Ini adalah cara hidup dan membentuk bagian integral dari kehidupan.
• Ini adalah produksi barang dengan alat visual seperti garis, warna, tekstur, dll. Dipandu oleh prinsip desain untuk memenuhi kebutuhan estetika dan fungsional individu dan masyarakat.
• Ini merujuk pada produk kreativitas manusia.
• Ini adalah sarana ekspresi diri.

Seni secara luas dibagi menjadi dua. Ini adalah saya) Seni Liberal dan ii) Seni Kreatif

i) Liberal Arts merujuk pada studi yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan umum dan keterampilan intelektual seperti hukum, sastra, pemerintah, dll. Biasanya disebut sebagai humaniora karena merupakan disiplin humanistik yang membahas masalah kehidupan sosial.

ii) Seni Kreatif mengacu pada seni yang menggunakan kemampuan kreatif dalam produksi artefak yang berguna dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Berbeda dengan seni liberal, seni kreatif menawarkan keterampilan mandiri atau praktis yang sifatnya manual bagi para pembelajarnya. Ini adalah fokus sejauh studi seni Visual yang bersangkutan.

Perlu dicatat bahwa ketika istilah ‘seni’ disebutkan dalam bidang pendidikan seni visual, kita pada dasarnya berbicara tentang seni kreatif. Ini dibagi menjadi dua cabang utama yaitu a) Seni visual dan b) Seni Pertunjukan.

seni visual

Ini mengacu pada semua produk kreatif atau artistik yang dipersepsikan dengan indera penglihatan (optical sense-eye), indra peraba (kulit) dan dapat membangkitkan emosi. Karena itu, setiap produk kreatif yang dapat Anda lihat, sentuh, dan dapat membangkitkan dalam diri Anda perasaan emosional dapat dikatakan sebagai bentuk seni visual. Mari kita ambil gambar yang dilakukan pada selembar kertas sebagai contoh. Karena seseorang dapat melihat gambar dengan mata dan dapat menyentuhnya sementara gambar yang sama ini juga membangkitkan perasaan emosional pada orang yang melihatnya, kita dapat mengatakan dengan keyakinan bahwa menggambar adalah bentuk seni visual.

Seni visual kadang-kadang disebut sebagai seni plastik atau padat karena sifatnya yang nyata. Ini dibagi menjadi dua kelompok. Ini adalah seni rupa dan seni industri.

• Seni rupa diproduksi untuk berfungsi sebagai bentuk hiasan di interior dan eksterior rumah, kantor, dll. Seni tersebut sengaja diproduksi untuk memuaskan dorongan estetika pemirsa. Karena ini, kualitas estetika dari karya-karya di bidang ini ditekankan atau banyak ditekankan dalam penciptaannya. Meskipun seni ini dapat memainkan peran lain, perlu dicatat bahwa fungsi utama mereka adalah untuk dekorasi. Contohnya termasuk melukis, desain grafis, membuat gambar dan patung.

• Seni industri juga dikenal sebagai seni terapan adalah seni yang lebih fokus pada fungsi atau penggunaan produk artistik, bukan nilai estetika. Mereka diciptakan untuk memenuhi kebutuhan utilitarian individu sambil menjalankan tugas dalam kehidupan kita sehari-hari. Mereka murni bentuk seni yang dapat digunakan. Contohnya termasuk Tekstil, Kulit, Keramik, Tembikar, dan Perhiasan.

Seni Drama

Ini dirasakan oleh indra penglihatan dan indera pergerakan (indera kinestetik). Mereka dilakukan atau dimainkan. Mereka terlihat dalam aliran waktu. Contohnya termasuk musik, tarian dan drama. Aspek seni pertunjukan adalah seni Verbal yang pertunjukan dikomunikasikan dengan kata-kata dan gerak tubuh. Itu termasuk puisi, mantra, pelafalan, dll.

Ada karakteristik unik yang membedakan seni visual dari seni pertunjukan. Pertama, mari kita bahas seni rupa.

1. Ini adalah seni yang menarik bagi indera penglihatan kita dan juga bisa dirasakan oleh indera peraba kita.

2. Seni visual dibuat.

3. Contohnya adalah lukisan, patung, tekstil dll.

4. Hal itu dapat dilihat dan dirasakan sehingga membuatnya nyata.

5. Tidak dibatasi oleh waktu.

Di sisi lain, ini adalah fitur berbeda dari seni pertunjukan.

1. Ini adalah bentuk seni yang dirasakan oleh indera kinestetik dan indera sentuhan.

2. Seni pertunjukan dilakukan / dimainkan.

3. Contohnya adalah musik, tarian, drama, puisi dll.

4. Tidak bisa disentuh, sehingga membuatnya tidak berwujud.

5. Itu bisa dilihat dalam aliran waktu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>